Sabtu, 16 Mei 2009

PEMANFAATAN ICT

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Tantangan hidup dalam dunia yang semakin mengglobal amatlah berat. Tanpa persiapan yang dirancang secara matang, kita akan semakin ketinggalan dan senantiasa menjadi penonton diberbagai kesempatan, selalu menjadi obyek dan sulit untuk menjadi subyek. Tuntutan untuk mampu berpartisipasi aktif dalam berbagai event dalam dunia modern menjadi kian berat, dan hamper semua kegiatan yang dihadapi menuntut kemampuan yang prima disertai dengan mutu yang tinggi dan kompetitif.
Dunia pendidikan tak luput pula dari dampak perkembangan global.Oleh karena itu perlu dicermati betul bagaimana kualitas yang sudah dicapai dan bagaimana mengejar ketertinggalan, agar bangsa kita sejajar dengan bangsa lain.
Untuk membenahi dunia pendidikan, factor sumber daya manusia merupakan salah satu focus utama yang perlu didiskusikan, karena sumber daya manusia kita termasuk rendah. Rendahnya kualitas SDM kita bisa dilihat dari peringkat yang dikeluarkan Human Development Index (HDI) dari UNDP, yang menyatakan bahwa kita hanya menempati peringkat ke-110. Bandingkan dengan peringkat Negara Asia lainnya: Vietnam (109), Cina (96), Filipina (77), Malaysia (59), Brunei Darussalam (32), Singapura (25), dan Jepang (9).
Dilain pihak, pada dasawarsa sekarang ini pengembangan kualitas SDM melalui pendidikan, yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dipacu secara pesat oleh adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perkembangan IPTEK telah mendorong terciptanya kemudahan-kemudahan dalam mengakses informasi, dan memperkecil waktu yang diperlukan untuk memperoleh informasi tersebut.
Tingginya kompetensi yang ada dalam kurikulum sekolah, jelas tidak akan dapat diatasi dengan hanya mengimpikasikan metode-metode atau pendekatan- pendekatan konvensional. Untuk mencapai kemampuan kompetensi matematis perlu adanya upaya pemilihan materi-materi matematika dengan berdasarkan struktur keilmuan, tingkat kedalaman materi, karakteristik materi, dan aplikasinya. Pendekatan yang diterapkan harus mampu mengoptimalkan motivasi belajar siswa, membuat siswa terlatih belajar secara mandiri, mengefektifkan proses belajar siswa, dan mampu mengimbangi pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

B. Information Communication and Technology (ICT)
ICT adalah suatu teknologi yang digunakan untuk memproses, mengolah, menyimpan, mempresentasikan, dan memindahkan data atau informasi dalam bentuk elektronik. Informasi yang didapatkan relevan, akurat, dan tepat dalam rangka pengambilan keputusan. Selanjutnya teknologi ini menggunakan seperangkat computer untuk mengolah data, system jaringan, dan untuk menghubungkan satu computer dengan computer lain.
Penggunaan software komputer untuk kegiatan pembelajaran sangat tidak terbatas (Fey dan Heid, 1984:21), dan potensi teknologi computer sebagai media dalam pembelajaran matematika begitu besar(Fletcher,1983:1). Komputer memberi kontribusi nyata bagi kemajuan dunia pendidikan karena kecanggihan dan ketepatannya.

Salah satu solusi yang dipandang tepat untuk mewujudkan tujuan pendidikan adalah penerapan Information Communication and Technology (ICT) sebagai media pembelajaran Matematika, yang memberi kesempatan pada siswa belajar secara mandiri melalui bahan ajar yang deprogram secara interaktif.


BAB II
PEMANFAATAN INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT)
DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

A. Pembelajaran Berbasis ICT
Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional , pembelajaran interaktif dengan media computer memiliki beberapa keuntungan, misalnya penggunaan komputer yang tepat akan mampu meningkatkan kemampuan siswa, kecepatan siswa dalam menguasai konsep yang dipelajari, dan retensi (daya ingat) yang lebih lama.
Komputer merupakan salah satu media audio visual yang mampu mengemas bahan ajar dalam sebuah rangkaian animasi gambar atau suara sehingga membuat kesan menarik bagi siswa. Seperti yang dinyatakan oleh Kusumah (2004:3), bahwa komputer dapat memberikan pelayanan secara repetitif, menampilkan sajian dalam format dan desain yang menarik, animasi gambar dan suara yang baik, serta melayani perbedaan individual.
Pembelajaran berbasis komputer adalah salah satu strategi atau bentuk pembelajaran dengan menggunakan media komputer untuk menyampaikan seluruh atau sebagian dari isi kandungan mata pelajaran. Pembelajaran berbasis komputer ini diperlihatkan dalam suatu tampilan yang menjadikan aktivitas pembelajaran menjadi lebih menarik dan berkesan. Pembelajaran ini akan memberikan nuansa baru yang mampu membangkitkan motivasi dan kreativitas siswa sehingga menuntut siswa terlibat aktif dan partisipatif dalam proses pembelajarannya.
B. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika
Penggunaan ICT dalam pembelajaran matematika dapat memberikan keleluasaan kepada siswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Komputer dapat menampilkan kembali secara berulang sajian informasi yang diperlukan oleh pemakainya. Kemampuan komputer seperti ini sangat membantu siswa yang lambat dalam belajar. Dengan kata lain, komputer dapat menciptakan iklim belajar yang efektif bagi siswa yang lambat, tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi siswa yang lebih cepat.
Pembelajaran matematika dengan menggunakan media komputer merupakan potensi yang harus dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Akan tetapi sampai saat ini penggunaan komputer sebagai media pembelajaran matematika masih dipandang sebagai suatu hal yang baru yang sulit untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan kurangnya SDM (guru) yang mampu mengembangkan pembelajaran matematika berbasis ICT.
Komputer sebagai media pembelajaran, tidak sekedar berfungsi sebagai pembawa suasana dalam nuansa yang baru, namun juga berperan secara positif dalam menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa terhadap matematika. Suasana baru ini, yang terintegrasi dalam pembelajaran alternatif, mampu menimbulkan daya tarik tersendiri pada siswa sehingga mereka akan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, meskipun materi yang dihadapinya termasuk sulit.






BAB III
PENUTUP

Pemanfaatn ICT sebagai media pembelajaran sangat diperlukan dalam berbagai bidang studi, tidak terbatas pada pembelajaran matematika. Dengan desain software yang baik dapat menghadirkan presentasi secara berulang dan dinamis, karakteristik yang tidak dijumpai dalam media lainnya.
Bagi guru pemanfaatan ICT dalam pembelajaran sudah seharusnya menjadi kebutuhan, sebab penggunaan ICT sangat tidak terbatas manfaatnya. Contohnya dalam satu materi pelajaran dapat ditayangkan secara berulang-ulang artinya seorang guru lebih diuntungkan dalam segi tenaga dan waktu. Kegunaan bagi siswa antara lain menjadikan pembelajaran tidak membosankan, mudah dimengerti dan dipahami.
Tidak semua guru dapat menggambar dengan baik, maka dari itu penguasaan guru terhadap ICT perlu dilakukan. Sebab dengan gambar dan animasi yang menarik dapat memotivasi siswa untuk tekun dan giat belajar.
Dengan pemanfaatan ICT dalam pembelajaran matematika khususnya mencari luas bangun datar apabila ditayangkan dalam power point dengan animasi yang menarik, diharapkan pemahaman siswa terhadap luas bangun datar akan meningkat yang pada gilirannya prestasi belajar siswa akan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar