Dalam manajemen pembelajaran anggota MGMP, dikembangkan:
1. Cara merencanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
2. Cara melaksanakan program pembelajaran yang telah disusun yang meliputi pengembangan silabus dan Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3. Cara membuat alat evaluasi yang tepat, yaitu yang obyektif dan tidak merugikan anak didik.
4. Refelksi terhadap program pembelajaran yang telah dilaksanakan, dikembangkan yang sudah berhasil dan didiskusikan lagi yang dianggap tidak berhasil.
5. Penguasaan ICT (komputer) yang dapat mendukung profesionalitas anggota.
Apabila seorang guru tidak mengembangkan program yang telah dikembangkan MGMP, bisa dipastikan bahwa proses belajar mengajar tidak akan berjalan dengan baik dan kualitas anak didik akan sulit untuk ditingkatkan. Saat ini tidak sedikit guru yang tidak mengembangkan program pembelajaran dengan serius, dan hanya mengkopi program pembelajaran yang telah dibuat orang lain, yang tentunya tidak akan sesui dengan kondisi anak didiknya. Disamping itu guru hanya membuat program pembelajaran hanya sebagi syarat administrative belaka. Mentalitas guru seperti inilah yang harus diubah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh MGMP.
Jumat, 26 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar