Jumat, 21 Agustus 2009

BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP

DASAR PEMIKIRAN
Sebagai program pengembangan diri, Bimbingan dan Konseling diharapkan mampu membantu siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan dalam hidupnya, misalnya kesulitan dalam belajar, kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, dan kesulitan dalam menentukan masa depannya.
Bidang garapan Bimbingan dan Konseling meliputi:
a. Bidang Bimbingan Pribadi adalah bidang bimbingan yang meliputi pemantapan keimanan, potensi diri, bakat, minat, pemahaman kelemahan diri, kemampuan pengambilan keputusan sehingga dapat merencanakan kehidupan yang sehat.
Bidang Bimbingan Sosial adalah bidang yang meliputi kemampuan berkomunikasi, berargumentasi, bertingkah laku sesuai dengan kebiasaan yang berlaku di rumah dan masyarakat.
Bidang Bimbingan Belajar adalah bidang bimbingan yang meliputi pemantapan sikap dan kebiasaan belajar yang efektif, penguasaan materi, program belajar di sekolah sesuai dengan kondisi psikis, sosial budaya yang ada dimasyarakatnya.
Bidang Bimbingan Karier adalah bidang bimbingan yang meliputi pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan dan dipilih.
Dengan keempat bidang garapan di atas diharapkan siswa memiliki pengetahuan yang luas tentang Bimbingan dan Konseling, sehingga nantinya dapat diterapkan untuk meraih apa yang diharapkan dan dicita-citakan.
TUJUAN
Tujuan yang ingin dicapai dalam program Bimbingan dan Konseling ini adalah:
1. Dapat meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.
2. Dapat menggali potensi diri sesuai dengan bakat dan minatnya
3. Berani mengambil keputusan dengan segala resikonya
4. Mampu berkomunikasi dan berargumentasi dengan baik
5. Bertingkah laku sopan dan beradab.
6. Mempunyai kebiasaan belajar yang efektif
7. Mampu mewujudkan dan / meningkatkan karir sesuai dengan potensi dirinya.
SASARAN
Sasaran dalam program Bimbingan dan Konseling ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Ciampel.

WAKTU KEGIATAN
Untuk bimbingan klasikal diadakan seminggu sekali selama 2 x 40 menit, dan untuk bimbingan individual diadakan setelah KBM selesai.
JENIS KEGIATAN
1. Bimbingan klasikal
2. Bimbingan Individual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar